Hak Asuh Anak Setelah Perceraian Menurut Agama Islam

Perceraian merupakan hal yang tidak diingikan bagi kehidupan berumah tangga. Dalam sebuah perceraian, apapun yang menjadi alasannya anak  adalah pihak yang paling disayangkan untuk dikorbankan, padahal anak tidak tahu apa-apa mengenai permasalahan kedua orang tuannya. Anak secara langsung maupun tidak langsung mengalami beberapa permasalahan, salah satunya adalah hak asuh bagi dirinya.

Agama Islam adalah agama yang membolehkan perceraian, namun juga sangat menyayangkan sebab dikatakan bahwa “Cerai adalah perkara yang dibolehkan, namun dibenci Allah”. Sementara itu tanggung jawab menafkahi anak, baik dalam rumah tangga, maupun sudah cerai, adalah tanggung jawab sang ayah.

Hak asuh anak terletak pada sang ayah dan pengadilan memiliki hak untuk memaksa si ayah mencukupi kebutuhan si anak, jika diperlukan. Jumlah nominalnya dapat ditentukan dan harus disesuaikan dengan pendapatan sang ayah.

Dalam al Qur’an disarankan agar pasangan yang berpisah tersebut bernegosiasi dengan adil dan terbuka mengenai masa depan si anak. Sementara untuk masalah tinggal, Islam menyarankan agar si anak diasuh oleh seorang Muslim yang imannya kuat, sehat secara jiwa dan raga.

Aturan Islam lebih fleksibel untuk masalah kepada si ayah atau ibu anak itu dirawat, tergantung pada kondisi keduanya dan peraturan daerah setempat. Biasanya disaranakan agar anak-anak di bawah usia tertentu diasuh oleh sang ibu, sementara yang lebih tua pada sang ayah. Untuk anak perempuan, biasanya hak asuh akan jatuh ke ibu.

Bagaimanapun juga, aturan yang digarisbawahi oleh Islam adalah si anak terpenuhi kebutuhannya secara fisik dan emosional.

Tips Memilih Pengacara Perceraian

Memilih pengacara / advokat yang akan mendampingi anda dalam suatu perkara memerlukan suatu perhatian tersendiri. Adapun hal- hal yang harus saudara perhatikan adalah sebagai berikut :

a. Lisensi advokat/ pengacara.

Pilihlah pengacara yang mempunyai lisensi sebagai seorang pengacara/advokat yaitu yang telah mempunyai berita acara penyumpahan oleh Pengadilan Tinggi.Tanpa ada lisensi jangan langsung mempercayai seseorang sebagai advokat. Ini perlu jadi perhatian utama dari anda yang hendak menggunakan Jasa Pengacara / Advokat karena saat ini disinyalir banyak praktek-praktek “pokrol bambu” yang dilakukan oleh oknum anggota masyarakat.


b. Jam Terbang / Pengalaman Praktek.

Tingkat atau jumlah jam terbang turut menjadi perhitungan tapi itu tidak juga menjamin bahwa sipengacara / advokat akan berhasil menyelesaikan perkara anda.Anda bisa menanyakan sejauh mana penguasaan pengacara / advokat  terhadap kasus yang dialami.

c. Style.

Masing-masing pengacara/ advokat mempunyai style (gaya) masing-masing yang berbeda satu sama lain. Percaya tidak percaya ternyata menurut pengalaman saya style seorang pengacara juga mempengaruhi tingkat keberhasilannya dalam menyelesaikan suatu perkara.

d. Service/ Pelayanan.

Aneh rasanya ada pengacara / advokat yang sulit dihubungi oleh kliennya tapi jujur memang banyak pengacara yang seperti itu.

Untuk anda yang sedang memilih pengacara / advokat, saran saya sebaiknya tanyakan kepada dia (si pengacara) sebelumnya, apa saja yang anda dapatkan ketika memilihnya sebagai pengacara dan bagaimana bentuk komunikasinya. Ini penting jangan sampai ketika anda memilihnya sebagai pengacara / advokat nantinya anda capek main “kejar-kejaran” dengan si pengacara / advokat tersebut.

e.  Mempunyai kantor yang tetap.

Seorang pengacara/ advokat  yang terpercaya tentu harus mempunyai kantor yang tetap dan tidak berpindah-pindah jika pengacara tidak mempunyai kantor tetap, itu terjadi akan menyulitkan bagi kliennya yang dikemudian hari masih berurusan dengan pengacara tersebut..

 

Cara Mengajukan Gugatan Perceraian di Pengadilan Agama oleh Isteri

Apabila Anda sebagai seorang isteri merasa perkawinan Anda tidak dapat dipertahankan lagi dan memutuskan untuk bercerai, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mengajukan Gugatan Perceraian. Bila Anda beragama Islam silahkan saudara mengajukan gugatan di Pengadilan Agama (Pasal 1 Bab I Ketentuan Umum PP No 9/1975 tentang Pelaksanaan UU No 1 tahun 1974 tentang Perkawinan).


1.  Cara menentukan tempat pengajuan gugatan

Bila anda yang mengajukan gugatan perceraian, berarti anda adalah pihak Penggugat dan suami adalah Tergugat. Untuk mengajukan gugatan perceraian, anda atau kuasa hukum anda (bila anda menggunakan kuasa hukum) mendatangi Pengadilan Agama (PA) di wilayah tempat tinggal anda. Bila anda tinggal di Luar Negeri, gugatan diajukan di PA wilayah tempat tinggal suami. Bila anda dan suami anda tinggal di luar negeri, maka gugatan diajukan kepada Pengadilan Agama di wilayah tempat anda berdua menikah dulu, atau kepada Pengadilan Agama Jakarta Pusat (Pasal 73 UU No 7/89 tentang Peradilan Agama)


2. Alasan dalam Gugatan Perceraian

Alasan yang dapat dijadikan dasar gugatan perceraian anda di Pengadilan Agama antara lain:

a. Suami berbuat zina, pemabuk, pemadat, penjudi dan sebagainya;

b. Suami meninggalkan anda selama 2 (dua) tahun berturut-turut tanpa ada ijin atau alasan yang jelas dan benar, artinya: suami dengan sadar dan sengaja meninggalkan anda;

c. Suami dihukum penjara selama (lima) 5 tahun atau lebih setelah perkawinan dilangsungkan;

d. Suami bertindak kejam dan suka menganiaya anda;

e. Suami tak dapat menjalankan kewajibannya sebagai suami karena cacat badan atau penyakit yang dideritanya;

f.  Terjadi perselisihan dan pertengkaran terus menerus tanpa kemungkinan untuk rukun kembali;

g. Suami melanggar taklik-talak yang dia ucapkan saat ijab-kabul;

h. Suami beralih agama atau murtad yang mengakibatkan ketidaakharmonisan dalam keluarga.

(Pasal 116 Kompilasi Hukum Islam jo Pasal 19 PP No 9 tahun 1975)
3. Saksi dan Bukti

Anda atau kuasa hukum anda wajib membuktikan di pengadilan kebenaran dari alasan-alasan tersebut dengan:

  1. Salinan Putusan Pengadilan, jika alasan yang dipakai adalah suami mendapat hukuman 5 (lima tahun) atau lebih (pasal 74 UU No. 7/1989 jo KHI pasal 135).
  2. Bukti hasil pemeriksaan dokter atas perintah dari pengadilan, bila alasan Anda adalah suami mendapat cacat badan atau penyakit yang menyebabkan tak mampu memenuhi kewajibannya (pasal 75 UU 7/1989)
  3. Keterangan dari saksi-saksi, baik yang berasal dari keluarga atau orang-orang dekat yang mengetahui terjadinya pertengkaran antara anda dengan suami anda (pasal 76 UU 7/1989 jo pasal 134 KHI).

4. Surat-surat yang Harus Anda siapkan

  • Surat Nikah asli
  • Foto kopi Surat Nikah 2 (dua) lembar, masing-masing dibubuhi materai, kemudian dilegalisir
  • Foto kopi Akte Kelahiran anak-anak (bila punya anak), dibubuhi materai, juga dilegalisir
  • Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) terbaru Penggugat (istri)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

Bila bersamaan dengan gugatan perceraian diajukan pula gugatan terhadap harta bersama, maka perlu disiapkan bukti-bukti kepemilikannya seperti sertifikat tanah (bila atas nama penggugat/pemohon), BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor)/STNK(Surat Tanda Nomor Kendaraan) untuk kendaraan bermotor, kwitansi, surat jual-beli, dll.

Emosi yang Sehat untuk Diri Anda

Kesehatan emosional ditandai oleh kenyamanan dan penerimaan perasaan seseorang pada kondisi mental, situasi dan keadaan yang beragam. Emosi yang sehat perlu pengendalian pikiran, perasaan, dan perilaku, baik positif atau negatif. Menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan kadang-kadang bisa cukup menghabiskan waktu dan perlu tindakan yang serius. Ketika semuanya baik-baik saja, maka dengan mudahnya kita merasakan kedamaian. Tapi ketika situasi sulit muncul, hal ini membawa perasaan tidak nyaman yang serius dan dapat mengganggu keseimbangan emosional.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita sadari. Emosi positif adalah lambang rasa kesejahteraan manusia. Namun kemarahan dan kesedihan adalah bagian dari kehidupan. Itulah rahasia tuhan dalam menciptakan mahluknya. Dengan naik turunnya emosi, maka manusia akan lebih bisa merasakan nikmatnya.

Anda harus selalu siap untuk menghadapi kejadian terburuk untuk mencegah terjadinya hiper emosional. Anda harus memahami siklus emosi yang terjadi dalam diri Anda, inilah kunci sukses. Anda juga perlu tahu bagaimana menghadapi, beradaptasi atau mengatasi situasi sulit. Kemampuan ini memungkinkan Anda untuk siap dan bahkan mengontrol kesehatan emosional Anda dalam kejadian hidup.

Salah satu cara untuk memastikan bahwa kesehatan emosional Anda sehat adalah dengan mengendalikan pikiran Anda. Emosi adalah perasaan yang sangat berhubungan dengan pikiran. Bagaimanapun situasinya jangan biarkan pikiran negatif untuk memiliki kesempatan masuk dalam pikiran Anda karena hanya akan membuat Anda merasa lelah, rendah dan juga penuh energi negatif yang bahkan bisa menyebar ke orang-orang yang terlibat dengan Anda. Selain itu perasaan Anda menentukan hidup Anda, karena perasaan mendikte cara Anda menanggapi situasi dan tantangan dalam hidup.

Orang-orang yang mengeliling Anda, terutama teman-teman Anda juga memainkan peran besar dalam menentukan kesehatan emosional Anda. Pastikan bahwa orang-orang yang mengelilingi Anda adalah orang-orang yang positif terutama teman-teman Anda. Menjadi penyendiri adalah tidak sehat, maka dari itu Anda harus mempunyai teman selalu bersama dengan Anda di masa baik dan buruk, membuat Anda tersenyum di saat duka dan bersorak-sorai dalam waktu sukacita. Di sisi lain juga Anda perlu waktu untuk menyendiri, Anda perlu waktu tanpa seorangpun yang menemani di tempat yang tenang untuk bersantai dan fokus pada diri sendiri. Bermeditasi selama waktu ini adalah cara yang brilian untuk membantu Anda meremajakan dan membersihkan pikiran Anda.

Beberapa indikator bahwa Anda memiliki kesehatan mental dan emosional adalah termasuk kemampuan dalam diri Anda sendiri untuk membuat keputusan berdasarkan campuran dari perasaan, pikiran, dan perilaku pada saat-saat kritis. Cobalah bekerja secara independen, tidak hanya mencari dukungan dan bantuan dari orang lain, tetapi menghargai itu juga, dan mengambil tanggung jawab atas tindakan Anda. Ketika Anda telah mampu untuk mengatasi diri Anda sendiri, maka Anda telah memiliki Emosi yang sehat.

Pengaruh Kesehatan Mental dalam Hidup

Cara menentukan  pengaruh mental  tidak mudah, karena mental tidak dapat dilihat, diraba atau diukur secara langsung. Manusia hanya dapat melihat bekasnya dalam sikap, tindakan, cara menghadapi persoalan, dan akhlak. Oleh ahli jiwa dikatakan bahwa pengaruh mental itu dapat dilihat pada perasaan, pikiran, kelakuan, dan kesehatan.

1.      Pengaruh Kesehatan Mental terhadap Perasaan

Pengaruh kesehatan mental terhadap perasaan akan terlihat dari cara orang menghadapi kehidupan ini. Misalnya ada orang yang  menghadapinya dengan kecemasan dan ketakutan. Banyak hal-hal kecil yang mencemaskannya, kadang-kadang hal remeh, yang oleh orang lain tidak dirasakan berat,  akan tetapi bagi dirinya hal  itu sudah  sangat berat sehingga menyebabkannya gelisah, tidak bisa tidur, dan hilang nafsu makan.  Mereka sendiri tidak mengerti dan tidak dapat menahan atau mengatasi kecemasannya. Inilah yang dalam istilah  kesehatan mental dinamakan anxiety dan phobia atau takut yang tidak pada tempatnya.[3]  Jadi di antara gangguan  perasaan yang disebabkan oleh terganggunya kesehatan mental adalah rasa cemas (gelisah), iri hati, sedih, merasa rendah diri, pemarah, dan  ragu (bimbang).

2.      Pengaruh Kesehatan Mental terhadap Pikiran

Di antara masalah yang sering menggelisahkan orang tua, adalah menurunnya  kecerdasan dan kemampuan anaknya dalam pelajaran atau semangat belajarnya menurun, jadi pelupa, dan tidak sanggup memusatkan perhatian.[4]

Mengenai pengaruh kesehatan mental atas pikiran, memang besar sekali. Di antara gejala yang bisa dilihat yaitu sering lupa, tidak bisa mengkonsentrasikan pikiran tentang sesuatu hal yang penting, kemampuan berfikir menurun, sehingga merasa seolah-olah tidak lagi cerdas, pikirannya tidak bisa digunakan, kelemahan dalam bertindak, lesu, malas, tidak bersemangat kurang inisiatif, dan mudah terpengaruh oleh kritikan-kritikan orang lain, sehingga mudah meninggalkan rencana baik yang telah dibuatnya hanya karena kritikan orang lain. Semuanya itu bukanlah suatu sifat yang datang tiba-tiba dan dapat diubah dengan nasehat dan teguran saja, akan tetapi telah masuk terjalin ke dalam pribadinya yang tumbuh sejak kecil.

3.      Pengaruh Kesehatan Mental terhadap Kelakuan

Ketidaktentraman hati, atau kurang sehatnya mental, sangat mempengaruhi kelakuan dan tindakan seseorang, seperti nakal, pendusta, menganiaya diri sendiri atau orang lain, menyakiti  badan orang atau hatinya dan berbagai kelakuan menyimpang lainnya.  

4.      Pengaruh Kesehatan Mental terhadap Kesehatan Badan

Di antara masalah yang banyak terjadi dalam masyarakat maju, adalah adanya kontradiksi yang tidak mudah dimengerti yaitu masalah kesehatan. Kalau pada masa dahulu, penyakit dan bahaya yang sangat mencemaskan orang adalah penyakit menular dan penyakit-penyakit yang mudah menyerang.  Penyakit-penyakit tersebut dapat diatasi dengan obat-obatan  dan cara-cara pencegahan yang ditemukan para ahli. Akan tetapi, pada masyarakat maju telah timbul suatu penyakit  yang lebih berbahaya dan sangat menegangkan  yaitu penyakit gelisah, cemas, dan berbagai penyakit  yang tidak dapat diobati oleh ahli-ahli kedokteran. Karena penyakit itu timbul  bukan karena kekurangan pemeliharaan kesehatan atau kebersihan akan tetapi karena kehilangan ketenangan jiwa.[5]

 

 

25 Kebiasaan Unik Orang INDONESIA

Seringkali sikap dan tingkah laku kita sebagai orang Indonesia membentuk karakteristik unik dan tidak dijumpai di negara manapun. Berikut ini ada 25 kebiasaan unik orang Indonesia:

1. Banyak bertanya tentang hal-hal yang pribadi. Misalnya : “Lagi ngapain ? Berapa umur Anda ? Anda sudah bekeluarga ? Mau kemana ? Makan apa tadi”

2. Sering menyerobot antrian. Entah di kantor pos, ATM, apalagi di jalan

3. Berkomentar tentang orang lain tapi tidak dikenal, misalnya “Itu orang gemuk banget, pakaiannya gak pantes deh, Ih, kok cewenya lebih tinggi dari cowonya, cewenya cantik kok mau yaa ama cowo jelek gitu ?”

4. Tidak mengetuk pintu pada waktu mau masuk kamar orang lain.

5. Meludah kapan saja, dimana saja apalagi di jalan

6. Menertawakan orang lain yang berbuat kesalahan

7. Sering terlambat menepati janji…Alesannya kebanyakan “MACETTTT”

8. Berjalan suka berpegangan tangan / gandengan, berangkulan sesama jenis. Dan orang Indonesia tuh kalo jalan di mall, laammaaaaaaa Baanget.

9. Melempar barang-barang dari jendela mobil. Tissue, plastik, kulit buah, puntung, kertas, dsb ( Kalo duit sih gak apa-apa deh )

10. Membunyikan sambungan-sambungan tulang jari, lengan, leher ( kalo saya pribadi sih ngilu dengernyaaa….)

11. Memelihara kuku sampai panjang. Pria biasanya dibagian jempol ( Alesannya sih doi “GITARIS” biar enak metik senar )

12. Tawar menawar di pasar tradisional & Konter pulsa. ( Padahal beli HandPhone mahal bisa, masa beli pulsa beda 1000 perak aja ditawar ?? )

13. Tetap merokok di tempat yang ada larangan merokok. Alasannya ” Yach mas, dari dulu juga boleh kok. Itu larangan khan berlaku disitu saja. Disini gak apa2 kok ( Lhoo…??

14. Membuka Sandal / sepatu sebelum masuk rumah….Kalo di Mesjid sih gak apa-apa.

15. Hanya menggunakan “TANGAN MANIS” untuk menerima atau memberikan sesuatu. Bila terpaksa harus pakai “TANGAN TIDAK MANIS” dibubuhi kata “MAAF, Tangan Kiri !”

 

16. Menolak sesuatu yang ditawarkan, hanya untuk terlihat sopan ( Bahasa orang tua tuh…Malu-Malu Kucing ….Meoongggg )

17. “Hanya Wanita terutama ABG”….Pergi ke kamar kecil beramai-ramai. Kalo sendirian, mendingan ditahan sampai ada yang nemenin ( Emang ada apa sih di WC tuh ? )

18.Mengucapkan “Terima Kasih” dengan arti “Maaf, saya tidak tertarik”

19. Mengucapkan “Permisi” sambil menyerongkan badan dan tangan di depan dengan posisi jari membuka ketika hendak melewati orang yang menghalangi. ( Gak tau sih maksudnya, tapi gue masih melakukan itu…)

20. Memiliki rasa ingin tahu yang “SANGAT TINGGI” bila ada kejadian perkara / perampokan, kebakaran apalagi kecelakaan di jalan. Dari seberang jalan aja bisa muter balik lhoo cuma buat liat ada apaan ( pengen tau doank kok mas, tapi kalo nolongin…Tar dikira saya yang nabrak, tar disuruh bayar khan repot…)

21. Mencari toilet yang ada gayung dan embernya. Kalo tissue, mendadak kebeletnya ilang.

22. Bergerombol dan desak2an di depan pintu lift. Mas mbak, Kalo pada bergerombol di depan lift, yang mo keluar gimana atuuhh

23. Bila naik taksi, mata selalu melihat ke depan, tapi rada ke bawah ( liatin argometer ) “duh, mahal bgt nih…pliisss Jangan kena macet deh. Kalo macet mending naek angkot dehhh.

24. Memberikan uang pada seseorang sering hanya di letakkan di meja atau terkadang di lempar.( apa lagi di kasir supermarket atau toko ). Udah gitu uangnya udah dekkillll, kumal, digulung2 pula.

25. Makan di restoran fastfood, sampah, piring dan gelas diletakkan saja di meja dan ditinggal pergi ( Toh nanti ada orang yang beresin )…

Memang ke 25 kebiasaan di atas masih bisa diperdebatkan, tapi tentu saja mau tidak mau kita harus akui bahwa hal di atas benar adanya :D.

Kebiasaan Buruk Orang Indonesia Di Mata Orang Asing

Kebiasaan Buruk Orang Indonesia Di Mata Orang Asing  – Istilah kebiasaan memiliki relevansi dengan adat-istiadat. Kita tahu bahwa kebiasaan tidak akan tercipta tanpa adanya adat-istiadat. Menurut kamus bahasa Indonesia, adat-istiadat dimaknai sebagai tata kelakuan yang kekal dan turun menurun dari generasi sekarang ke generasi berikutnya sebagai warisan sehingga terintegrasi dengan pola perilaku masyarakat. Sedangkan Kebiasaan ialah suatu pola yang dikerjakan secara berulang-ulang untuk hal yang sama.

Lain lubuk lain ikannya, lain ladang lain belalang, Demikian peribahasa yang meyiratkan makna bahwa manusia dari negara satu dengan lainnya memiliki warna kehidupan, perilaku, dan kebiasaan (adat-istiadat) yang berbeda. Suatu perbedaan yang semakin memperindah kehidupan manusia di dunia.
Sebagaimana dengan bangsa lain, bangsa Indonesia memiliki kebiasaan, baik yang bersifat buruk maupun baik. Yuk, kita intip kebiasaan (adat-istiadat) orang Indonesia di mata orang asing.

1. Banyak bertanya tentang hal-hal yang bersifat pribadi. Misal : Berapa umur Anda? Apakah Anda sudah berkeluarga? Berapa putranya? Apa pekerjaan Anda? Apa agama Anda? Anda akan pergi kemana?
2. Terbiasa menyerobot antrian.
3. Sering berkomentar tentang seseorang.
4. Meludah disembarang tempat, terutama di jalan.
5. Menertawakan orang yang melakukan kesalahan.
6. Selalu terlambat menepati janji.
7. Memelihara kuku sampai panjang.
8. Berkata “ya” atau “mungkin” padahal maksudnya adalah tidak.
9. Menolak yang ditawarkan, hanya untuk memberi kesan sopan.
10. Pergi mengunjungi teman tanpa memberitahu terlebih dahulu.
11. Membungkukan badan atau kepala saat melewati 2 orang yang berdiri berhadapan.
12. Pipis sembarangan.
13. Bersin tidak tutup hidung.
14. Tidak patuh terhadap rambu
15. Buang sampah sembarangan
16. Menantang maut demi tidak membayar uang
17. Merusak fasilitas yang ada
18. Orang Indonesia itu suka yang bergaya kebarat-barataan padahal di sana hal itu sudah basi
19. Kebiasaan tidak disiplin
20. Sering menunda-nunda
21. Membunyikan klakson di jalanan secara berlebihan
22. Merokok sembarangan
23. Berisik saat makan(Mengeluarkan suara-suara yang membuat tidak nyaman di dengar)
24. Parkir sembarangan
25. Ngelanggar lampu merah
26. Sering mendahulukan kesenangan, padahal itu dapat membahayakan kesehatan. seperti : begadang malam di luar rumah.

 

100 Fakta Tentang Kebiasaan Masyarakat Indonesia

Anda Orang Indonesia , Pasti tahukan apa kebiasaan Orang Indonesia , Berikut adalah 100 Fakta Tentang Kebiasaan Masyarakat Indonesia , Mau Tahu , Oke langsung aja dari yang pertama :

1. “Kapan libur?” merupakan suatu pertanyaan yang sangat sering ditanyakan oleh orang Indonesia

2. anak-anak kecil di Indonesia lebih hafal lagu-lagu pop, rock, dan semacamnya daripada lagu-lagu wajib nasional Indonesia (bahkan lagu Indonesia Raya)

3. Ancol selalu ramai di hari Lebaran dan Tahun Baru

4. artis-artis Indonesia yang sudah kurang laku, mencoba peruntungan di dunia politik

5. bahasa gaul dan bahasa SMS adalah salah satu bahasa wajib di Jakarta

6. banyak orang yang tidak membeli karcis KRL Ekonomi, padahal harganya rata-rata hanya berkisar antara Rp1.500,00 – Rp2.500,00

7. banyak yang menuntut hak padahal mereka belum melakukan kewajiban

8. berbicara dengan bahasa daerah di tengah-tengah orang-orang yang tidak mengerti bahasa tersebut adalah suatu kepuasan batin

9. cinta ditolak? Dukun bertindak!

10. dangdut sangat digemari oleh masyarakat luas

11. di Indonesia, seseorang bisa jatuh pingsan ketika bertemu dengan idolanya

12. di Indonesia, setiap guru Bahasa Indonesia memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang Bahasa Indonesia, tidak ada yang sama. Jawaban mengenai satu soal EYD (misalnya) bisa menjadi sangat rumit dan beragam (berbeda-beda) bila ditanyakan oleh guru-guru Bahasa Indonesia dari Sabang sampai Merauke

13. di setiap pesantren, Kiyai tidak pernah salah. di Gereja Pendeta bebas dari dosa

14. di setiap truk-truk pengangkut barang biasanya terdapat gambar-gambar lukisan wanita di bagian belakang

15. di universitas-universitas di Indonesia banyak remaja yang berminat belajar di Fakultas Hukum& Kedokteran

16. diberhentikan oleh polisi lalu lintas berarti harus siap-siap merogoh kocek Anda

17. Dufan adalah tempat yang cocok untuk berbagai masalah asmara dan percintaan

18. film horor selalu menjadi suatu tontonan yang ramai ditonton

19. hampir 80% tayangan stasiun televisi swasta di Indonesia adalah sinetron-sinetron yang tidak mendidik

20. hampir semua orang menyukai masakan Padang

21. hampir tidak ada orang yang mengatakan “naik bus Transjakarta”, tapi orang-orang akan mengatakan, “naik Busway”

22. hukum di Indonesia sangat payah

23. iklan-iklan SMS registrasi sangat mewabah di Indonesia

24. Jakarta itu keras

25. Jakarta selalu banjir

26. Jakarta selalu macet

27. jalan-jalan berlubang di Jakarta dan sekitarnya rata-rata baru diperbaiki ketika akan ada pemilihan lurah, camat, walikota, atau gubernur

28. kata-kata yang sangat mudah diucapkan oleh orang Indonesia adalah kata “maaf” (tapi kemudian diulangi lagi)

29. kebiasaan orang Jakarta salah satunya adalah pergi mudik ketika mendekati Lebaran dan kemudian membawa sanak saudara lainnya dari kampung untuk ikut tinggal di Jakarta

30. kebutuhan paranormal di Indonesia tidak akan pernah habis

31. kebutuhan sex remaja semakin meningkat

32. kehidupan malam di Jakarta sangat “wow”

33. kejujuran adalah hal yang kurang populer di negeri ini

34. ketika perut kosong, orang-orang bisa menjadi anarkis, tapi akan menjadi kalem bila perut sudah terisi

35. korupsi adalah hal yang lazim di Indonesia

36. korupsi tidak selalu identik dengan uang

37. koruptor punya link yang sangat bagus sehingga tidak perlu khawatir akan tindakannya

38. KRL Ekonomi di Jakarta selalu penuh sesak di pagi hari

39. KRL terlambat bukan suatu masalah baru

40. liburan ke Bali berarti orang kaya

41. mayoritas mahasiswa hobi berdemo

42. maling ayam biasanya dihabisi dan dipukuli oleh masyarakat (paling parah dibakar)

43. masalah penipuan, pembajakan, dan pemalsuan, Indonesia ahlinya!

44. masalah-masalah di Indonesia tidak pernah selesai karena di Indonesiaberlaku tiga macam sudut pandang, yaitu dari sisi teologi (agama), metafisik supranatural), dan ilmiah, sedangkan negara-negara maju tidak lagi memandang suatu masalah dari sudut pandang metafisik dan teologi, hanya dari masalah ilmiah saja. Ketiga sudut pandang ini tidak akan pernah bisa menyatu, itulah salah satu alasan mengapa Indonesia tidak maju-maju

45. maskapai penerbangan Indonesia sangat berani terbang bahkan dalam kondisi terburuk sekalipun

46. masyarakat muslim di Indonesia tidak pernah merayakan sholat Idul Fitri secara serempak

47. mayoritas supir-supir angkutan umum di Jakarta adalah oran Batak

48. menambahkan gelar “haji” setalah pergi ke Tanah Suci adalah suatu keharusan

49. mengemis adalah salah satu pekerjaan para perantau yang kurang berhasil di Jakarta

50. mengerjai junior ketika ospek merupakan suatu kesenangan dan kepuasan tersendiri bagi para senior

51. mengucapkan janji sangatlah mudah, tapi melaksanakannya?

52. menjadi rombongan kampanye suatu partai adalah salah satu hobi masyarakat Indonesia

53. merokok di tempat umum (bahkan dalam angkatan umum) adalah biasa dan terkesan tidak mengganggu sekitar

54. metode menyontek di kalangan pelajar semakin lama semakin berkembang dan canggih

55. musuh nomor satu angkutan umum adalah pengendara motor

56. musuh para pengendara mobil adalah segala angkatan umum ditambah pengendara motor

57. ngekost berarti bebas dari kekangan orang tua

58. orang Indonesia adalah orang-orang yang selalu merasa lebih pintar dari orang lain

59. orang Indonesia adalah orang-orang yang selalu merasa lebih religius dari orang lain

60. orang Indonesia adalah orang-orang yang selalu merasa lebih tahu segalanya

61. orang Indonesia adalah orang-orang yang selalu merasa yang paling benar

62. orang Indonesia adalah orang-orang yang selalu protes

63. orang Indonesia adalah orang-orang yang tidak bisa menerima kekalahan dengan lapang dada

64. orang Indonesia adalah orang-orang yang tidak takut mati

65. orang Indonesia adalah orang-orang yang unik yang masih ada di dunia ini

66. orang Indonesia gemar mencaci maki dengan kata-kata kotor, seperti: A****g! B**i! M****t! T*i! Dan kata-kata kotor lainnya yang berhubungan dengan alat vital manusia

67. orang Indonesia gemar menggunakan istilah asing dalam berbagai percakapan

68. orang Indonesia kadang lebih Inggris daripada orang Inggris sendiri

69. orang Indonesia sangat menyukai junk food

70.orang Indonesia bahkan lebih Arab daripada orang Arab itu sendiri

71. orang Indonesia selalu mengeluh, tapi tidak pernah mau bertindak

72. orang Indonesia selalu membuat hal sederhana menjadi hal yang rumit

73. orang Indonesia tidak pernah mau belajar dari kesalahan dan terus mengulangi kesalahan-kesalahan tersebut

74. orang Indonesia jarang mau mengerti dan menghargai orang lain

75. orang-orang cinta Jakarta sekalipun hidupnya tidak tenang di kota ini

76. orang-orang dulu mendukung SBY, tapi ketika jadi presiden, tidak sedikit orang yang menghinanya bahkan minta turun dari jabatannya, tapi yakinlah, ketika pemilu nanti orang-orang akan kembali memilih SBY

77. orang-orang Indonesia senang membuang kata-kata “jangan”, seperti JANGAN MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN, menjadi buang sampah sembarangan, lalu, JANGAN MENYELAK, menjadi menyelak, JANGAN MENYONTEK, menjadi menyontek, dan sebagainya

78. orang-orang yang duduk di DPR tidak pernah merasa puas dengan gaji yang diterimanya

79. orang-orang yang duduk di lembaga legislatif negara sangat gemar melakukan kegiatan studi banding di negara-negara lain

80. orang-orang yang sportif adalah kaum minoritas

81. pengendara motor selalu ada di barisan terdepan di lampu merah

82. pengendara motor selalu kabur ketika melakukan kesalahan

83. pengendara motor selalu lebih galak walaupun sebenarnya dia yang salah

84. pengendara motor selalu tergesa-gesa seperti dikejar setan

85. pengendara motor tidak pernah mau disalahkan

86. pengendara motor tidak pernah mau mengalah

87. pengendara motor tidak pernah taat aturan

88. PNS adalah salah satu pekerjaan yang diminati masyarakat Indonesia

89. prinsip “mangan ora mangan yang penting ngumpul” sangat berlaku diJakarta

90. rasa kesukuan di Indonesia sangat kuat daripada rasa nasionalisme terhadap Indonesia sendiri

91. rata-rata orang Indonesia pelit (bukan hemat)

92. rata-rata orang Indonesia selalu meninggikan anak-anak IPA dan menganggap remeh anak-anak IPS (padahal mayoritas anak IPA ketika kuliah nantinya memilih IPS)

93. rata-rata wanita Indonesia sangat senang bila mempunyai pacar orang asing (bule)

94. reformasi sangat dijunjung tinggi di negeri ini

95. remaja wanita sangat menyukai film horor

96. salah satu pemikiran remaja-remaja Indonesia adalah, free sex? Why not? Yang penting save sex

97. salah satu prinsip orang yang punya kekuasaan atau memiliki peran yang penting dalam suatu hal adalah, “Kalau bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah? Kalau bisa diperlambat, kenapa harus dipercepat?”

98. semua restoran, rumah makan, dan warung makan pasti akan selalu ramai di saat waktu berbuka puasa di bulan Ramadhan

99. seni dari naik KRL Ekonomi adalah ketika orang tersebut bisa duduk di atas atap gerbong kereta dengan nyaman

100. sepeda motor adalah kendaraan favorit masyarakat

beberapa hal positif dan negatif (kayaknya banyakan negatifnya sih) memang mewarnai indonesia kita. Sudahkah kita bersama-sama memperbaiki indonesia kita ini kawan?! Ataukah nanti aku bakal bisa menulis ’100 hal tentang indonesia’?!

Sumber : http://www.surgaberita.com/2011/12/100-fakta-tentang-kebiasaan-masyarakat.html#ixzz2qk34WaDz

Mengatasi Kegelisahan

kegelisahan
kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berarti tidak tentram hatinya selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas.

kegelisahan kadang bisa dilihat dari tingkah laku misal dengan berjalan mondar mandir, memandang jauh kedepan sambil mengepal ngepalkan tangannya, duduk termenung sambil memegang kepalanya dengan wajah sayu dan malas bicara.

kegelisahan merupakan salah satu ekspresi dari kecemasan, kekhawatiran ataupun ketakutan yang sebabnya bermacam macam

usaha untuk mengatasi kegelisahan ini yaitu pertama tama kita harus bersikap tenang, berfikir tenang sehingga jalan keluar dari masalah akan kita bisa atasi.

cara kedua yg digunakan untuk mengatasi kegelisahan bisa dengan jalan intropeksi, misal
1.akibat yang paling buruk yang manakah yang akan kita tanggung
2.akibat yang paling buruk apakah yang akan terjadi
3.mengapa hal itu terjadi ?
4. apa sebabnya hal itu terjadi

bila kita mampu menganalisa akibat yang menimbulkan kecemasan tersebut kita mungkin bisa mengatasinya atau kita dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi masalah hidup dengan rasa sabar dan tabah atau dengan kata lain, lakukan sikap pasrah..serahkan semua masalah kepada Tuhan sang pencipta

keterasingan
berarti hal hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pergaulan, terpencil atau terpisah dari yang lain

keterasingan adalah bagian dari hidup, sebentar maupun lama orang pernah mengalaminya tetapi dalam jangka waktu yang berbeda beda

keterasingan eksternal
keterasingan yang disebabkan oleh orang luar contoh karena sifat sombong, egois , pelit dan lain lain…orang lain jadi malas bergaul dengannya sehingga orang itu dijauhkan dari pergaulan

keterasingan internal
keterasingan karena memang orang tersebut yang menjauhkan diri dari pergaulan karena orang tersebut merasa ada yang kurang didalam dirinya.dan lain lain

kesepian
kesepian berasal dari kata sepi yang berarti sunyi , tidak berteman, setiap orang pernah mengalami kesepian. karena kesepian merupakan bagian dalam hidup. rasa sepi itu tergantung pada mental orang dan kasus penyebabnya

ketidakpastian
artinya keadaan yang tidak pasti, tidak tentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, tanpa arah yang jelas, tanpa asal usul yang jelas, itu semua bisa disebabkan karena pikiran yang tidak konsentrasi oleh berbagai sebab, yang jelas pikirannya kacau.

orang yang pikirannya terganggu tidak dapat lagi berfikir secara teratur apalagi mengambil kesimpulan

beberapa sebab orang tak dapat berfikir dengan pasti

1. obsesi
gejala neurosa jiwa yaitu adanya pikiran atau perasaan tertentu yang terus menerus, biasanya tentang hal hal yang tidak menyenangkan.atau sebab sebabnya tak diketahui oleh penderita. misal selalu berfikir ada orang yang ingin menjatuhkan dia

2.phobia
rasa ketakutan yang tak terkendali,tidak normal kepada sesuatu hal atau kejadian yang tanpa diketahui sebab sebabnya

3.kompulsi
adanya keragu-raguan tentang apa yang telah dikerjakan sehingga ada dorongan yang tak disadari melakukan perbuatan serupa berkali kali

4.histeria
adalah neurosa jiwa yang disebabkan oleh tekanan mental , kekecewaan, pengalaman pahit yang menekan, tidak mampu menguasai diri , sugesti dari sikap orang lain

5.delusi
menunjuk-khan pikiran yang tidak beres karena berdasarkan suatu keyakinan palsu, tidak dapat memakai akal sehat, tidak ada unsur kenyataan dan tidak sesuai dengan pengalaman (delusi melancholis merasa dirinya bersalah, hina, dan berdosa)

6.halusinasi
khayalan yang terjadi tanpa rangsangan panca indera

7. keadaan emosi
dalam keadaan tertentu seseorang terpengaruh emosinya, ini nampak pada gangguan pada nafsu makan, pusing pusing, muka merah, nadi bergerak cepat, keringat, tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, sikap apatis, sikap terlalu bergembira dengan gerakan misal lari-larian, nyanyian, ketawa, berbicara , sikap berupa kesedihan yang menekan, tidak bernafsu, tidak bersemangat, gelisah, resah, tidak mau bicara, diam seribu bahasa, termenung dan menyendiri (sumber IBD)

apakah anda punya pendapat lain untuk mengatasi ketidakpastian dalam hidup ini ?