Memilih pengacara / advokat yang akan mendampingi anda dalam suatu perkara memerlukan suatu perhatian tersendiri. Adapun hal- hal yang harus saudara perhatikan adalah sebagai berikut :

a. Lisensi advokat/ pengacara.

Pilihlah pengacara yang mempunyai lisensi sebagai seorang pengacara/advokat yaitu yang telah mempunyai berita acara penyumpahan oleh Pengadilan Tinggi.Tanpa ada lisensi jangan langsung mempercayai seseorang sebagai advokat. Ini perlu jadi perhatian utama dari anda yang hendak menggunakan Jasa Pengacara / Advokat karena saat ini disinyalir banyak praktek-praktek “pokrol bambu” yang dilakukan oleh oknum anggota masyarakat.


b. Jam Terbang / Pengalaman Praktek.

Tingkat atau jumlah jam terbang turut menjadi perhitungan tapi itu tidak juga menjamin bahwa sipengacara / advokat akan berhasil menyelesaikan perkara anda.Anda bisa menanyakan sejauh mana penguasaan pengacara / advokat  terhadap kasus yang dialami.

c. Style.

Masing-masing pengacara/ advokat mempunyai style (gaya) masing-masing yang berbeda satu sama lain. Percaya tidak percaya ternyata menurut pengalaman saya style seorang pengacara juga mempengaruhi tingkat keberhasilannya dalam menyelesaikan suatu perkara.

d. Service/ Pelayanan.

Aneh rasanya ada pengacara / advokat yang sulit dihubungi oleh kliennya tapi jujur memang banyak pengacara yang seperti itu.

Untuk anda yang sedang memilih pengacara / advokat, saran saya sebaiknya tanyakan kepada dia (si pengacara) sebelumnya, apa saja yang anda dapatkan ketika memilihnya sebagai pengacara dan bagaimana bentuk komunikasinya. Ini penting jangan sampai ketika anda memilihnya sebagai pengacara / advokat nantinya anda capek main “kejar-kejaran” dengan si pengacara / advokat tersebut.

e.  Mempunyai kantor yang tetap.

Seorang pengacara/ advokat  yang terpercaya tentu harus mempunyai kantor yang tetap dan tidak berpindah-pindah jika pengacara tidak mempunyai kantor tetap, itu terjadi akan menyulitkan bagi kliennya yang dikemudian hari masih berurusan dengan pengacara tersebut..